Sistem Keamanan Google Play Protect Sudah Tersedia di Android

Hallo berjumpa lagi dengan saya admin dari blog Agen Terpercaya Indonesia yang kini akan memposting artikel yang berjudul Sistem Keamanan Google Play Protect Sudah Tersedia di Android semoga apa yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat bagi anda semua, Selamat membaca...

Google-IO-2017-play-protect-stephanie-saad-cuthbertson-android-1-1000x563
Sistem Keamanan Google Play Protect Sudah Tersedia di Android – Sekarang, setiap smartphone Android terlindung dari mobile malware. Usai diumumkan Mei silam dan diluncurkan terbatas Agustus lalu, Google Play Protect sekarang bisa dinikmati semua pemilik perangkat Android.

Sebelumnya, layanan hanya berjalan di perangkat yang mengadopsi Android 8.0 Oreo. Kemudian, fitur hanya tersedia bagi “penganut paham” Android One. Namun kini fitur proteksi keamanan itu sudah tersedia di hampir semua smartphone Android.

“Perangkat Android minimal versi Gingerbread, otomatis memiliki perlindungan Google Play Protect,” papar Adrian Ludwig, Direktur Teknik Keamanan Android di Google, pada acara video conference yang diselenggarakan di kantor Google di Jakarta (10/10/2017).

Lebih lanjut Adrian menjelaskan bahwa tentu saja perangkat dengan sistem operasi Android versi paling baru akan mendapat perlindungan lebih baik dibandingkan versi lawas. Namun semua versi sudah disematkan Google Play Protect.

Google Play Protect adalah penyatuan sistem keamanan Android seperti verifikasi aplikasi, perlindungan browser, dan tindakan anti-pencurian.

Sebenarnya, aksi verifikasi aplikasi sudah berlaku selama bertahun-tahun. Google secara rutin memindai aplikasi untuk memastikan keaslian dan keamanannya.

Sedangkan bagian anti-pencurian hadir dalam bentuk aplikasi Google Find My Device yang bisa diunduh di Play Store.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur keamanan tersebut di smartphone? Tanpa aktivasi, layanan Google Play Protect otomatis bekerja di perangkat Android di seluruh dunia.

Bukan berformat aplikasi, pengguna tidak akan menemukan Google Play Protect di Play Store layaknya Find My Device.

Untuk mengetahuinya, cukup buka Google Play Store, lalu akses tab “My apps & games”. Persis di atas tab “Update”, Anda akan melihat logo Protect yang berwarna hijau dengan contreng putih.

Di bagian Protect, Anda akan melihat waktu terakhir layanan beraksi, karena Google Play Protect otomatis bekerja satu kali dalam satu hari.

Tentu Anda bisa menekan ikon “Refresh” untuk mulai memindai sendiri smartphone dan aplikasi dari kemungkinan adanya virus dan malware.

Setelah menjalankan aksi, label “Verified by Play Protect” akan muncul, dan juga opsi “Play Protect” di setelan yang terdapat di bawah menu.

Baiklah Para sobat blogger mungkin sekian dulu ulasan dari saya seputar Sistem Keamanan Google Play Protect Sudah Tersedia di Android semoga dapat memberikan manfaat untuk anda semua, Dan Terima kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini. Salam Admin Agen Terpercaya Indonesia.